This is default featured slide 3 title
This is default featured slide 4 title
Test 1

TUHAN TEMPAT PERLINDUNGANKU

GppsPalu – Dalam Matius pasal 24 Tuhan Yesus sudah memperingatkan bahwa akan ada penyesatan, bahkan orang-orang terpilih sekalipun banyak yang akan jatuh/disesatkan. Mungkin saudara merasa hebat dalam perekonomian, jabatan, dan kerohanian, berhati-hatilah dan mawas diri supaya jangan jatuh. Kita harus menjadikan Tuhan tempat perlindungan kita.
Daud berkata dalam Mazmur 61:4, “Sungguh Engkau telah menjadi tempat perlindunganku, menara yang kuat terhadap musuh.” Jika Raja Daud saja yang memiliki jabatan tertinggi pada saat itu dan memiliki kekayaan yang banyak tetap menjadikan Tuhan tempat perlindungannya, apalagi kita yang tidak memiliki jabatan dan kekayaan seperti Daud. Kita terlebih harus menjadikan Tuhan tempat perlindungan kita.
Daud telah menjadikan Tuhan sebagai tempat perlindungannya sejak ia masih muda. Jika kita mau memperhatikan kisah hidup Daud, kita akan menemukan bahwa Daud adalah anak yang tertolak/tidak begitu dikasihi orang tuanya. Daud adalah anak yang paling kecil tetapi ia ditugaskan oleh Isai ayahnya untuk menggembalakan kambing domba di padang gurun – tempat yang berbahaya dengan banyak binatang buas. Namun ia meyakini bahwa Tuhanlah tempat perlindungannya, yang menolong dia sehinggga dapat membunuh binatang buas yang mencoba menerkam kambing dombanya. Dari pengalaman itulah juga ia berani melawan raksasa Goliat, dan menang dengan pertolongan Allah.

Jadikan Tuhan SATU-SATUNYA tempat perlindungan kita, jangan ada yang lain!
Setiap saat ada ancaman bagi kehidupan kita, terutama ancaman bagi kerohanian kita:
1. Penyesatan.
Di Indonesia sudah banyak sekali penyesatan, bahkan banyak penyesatan yang memakai media internet. Video-video dari para pemimpin agama yang memberikan pengajaran-pengajaran yang tidak sesuai Firman Tuhan dapat ditonton dengan mudah. Kita harus berhati-hati supaya tidak membaca/menonton hal-hal tersebut karena dibalik itu semua ada roh penyesatan/roh nabi palsu, tiba-tiba orang percaya yang menontonnya mendapati bahwa imannya telah goyah.Kemajuan teknologi saat ini memang mempermudah manusia tetapi di sisi lain memiliki dampak negatif. Iblis juga memakai media dan teknologi untuk menyesatkan manusia.
Penyesatan yang ada saat ini bukan hanya pada pengajaran yang terang-terangan bertolakbelakang/kontradiktif dengan pengajaran Kristen, tetapi juga pengajaran Kristen tetapi tidak sepenuhnya benar. Saat ini kita bersyukur karena memiliki siaran TV rohani Kristen 24 jam. Tetapi karena konten siaran TV tersebut adalah rohani Kristen, bukan berarti semua yang disiarkan 100% benar. Ada juga pengajaran yang sesat misalnya Hyper Grace. Begitupun buku-buku rohani. Kita harus berhati-hati untuk tidak membaca sembarang buku karena ada buku rohani Kristen yang hanya 25% benar (sesuai Alkitab) tetapi 75% tidak benar.
Adam dan Hawa adalah pribadi-pribadi yang intim dengan Tuhan. Apa buktinya? Mereka bertemu dan bercakap-cakap dengan Tuhan setiap hari. Tetapi orang yang intim dengan Tuhan pun ternyata bisa jatuh. Apalagi jika tidak intim dengan Tuhan, yang malas berdoa dan membaca Alkitab!Dunia entertainment/dunia hiburan sudah dikuasai oleh iblis. Menurut pengamatan saya hanya 5% tontonan yang aman dan 95% tontonan berbahaya dan penuh penyesatan. Sinetron banyak berisi filosofi-filosofi dunia yang tidak Alkitabiah. Film kartun banyak berisi simbol-simbol iluminati. Artis-artis/penyanyi banyak memakai dan memperagakan simbol iluminati seperti segitiga dengan 1 mata didalam segitiga tersebut. Segitiga adalah lambang tritunggal iblis (Iblis, Antikris, dan Nabi Palsu) yang mencoba meniru Tritunggal Allah,sedangkan mata satu adalah “lucifer eye”. Ada seorang artis yang dulu mempunyai kerohanian yang baik, namun sekarang sudah memperagakan simbol-simbol iluminati seperti berfoto dengan memperlihatkan 1 mata saja. Semua ini ditonton oleh jutaan mata setiap hari. Tanpa disadari roh-roh jahat ini transfer kepada orang yang menonton/melihat.Iblis begitu mudahnya memberikan ketenaran kepada para artis yang mengikut iblis. Yang dulunya tidak begitu terkenal tiba-tiba menjadi sangat terkenal.Selain penyesatan yang terang-terangan, banyak juga penyesatan “underground”/terselubung. Lagu-lagu dunia banyak yang saat diputar seperti biasa lirik lagunya aman-aman saja tetapi saat di backward (diputar terbalik) ternyata mengandung lirik-lirik yang memuja setan. Tidak heran banyak anak-anak yang begitu sulit diajak ke gereja atau membaca Alkitab, itu karena pengaruh dari roh-roh jahat yang transfer kepada mereka melalui media.

2. Peperangan & Gempa Bumi.
Jika kita memperhatikan situasi/kondisi dunia saat ini, kita tahu bahwa Perang Dunia ke-3 sudah hampir meletus. Di Indonesia sendiri ada banyak tawuran. Gempa bumi juga terjadi di berbagai tempat. Sebagai orang percaya kita bisa seperti Abraham yang meminta kepada Tuhan supaya Indonesia tetap aman karena keadaan negara ini juga bergantung pada doa orang-orang percaya.
3. Penyakit.
Saat ini salah satu virus yang paling berbahaya adalah HIV/AIDS. Virus HIV bisa non aktif selama 5 tahun tetapi kemudian aktif kembali. Hubungan seks diluar nikah dan penyalahgunaan narkoba dengan jarum suntik adalah beberapa tindakan berbahaya yang merupakan jalur penyebaran virus ini. Pemuda/pemudi yang dulunya pernah menggunakan narkoba atau pernah melakukan pergaulan bebas dan saat ini telah bertobat dan mau menikah sebaiknya melakukan test darah pre-marital, untuk mengetahui apakah ada virus berbahaya yang terdapat pada darahnya/darah pasangan. Karena virus tersebut dapat menular juga kepada pasangannya maupun kepada janin.
4. Kasih kebanyakan orang menjadi dingin.
Kejahatan semakin merajalela di hari-hari terakhir. Pembunuhan, perampokan, pemerkosaan, dan masih banyak lagi.
5. Kecelakaan.
Roh maut juga turut bekerja di hari-hari terakhir.
Melihat semua ancaman-ancaman terhadap rohani, jiwani, dan fisik kita maka kita harus benar-benar mengandalkan Tuhan. Andalkan Tuhan 100%, karena mengandalkan Tuhan separuh-separuh sama dengan tidak mengandalkan Tuhan.

Apa yang Alkitab katakan?
Yeremia 17:5, 7 “Beginilah firman TUHAN: “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!”

Yohanes 15:5 “Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.”

Jadi jangan jadikan kekuatan, kekayaan, dan manusia sebagai andalan kita. Jadikan Tuhan andalan kita.

JAMINAN TUHAN
1. Jaminan Tuhan dalam Wahyu 6:5-6“Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketiga, aku mendengar makhluk yang ketiga berkata: “Mari” Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hitam dan orang yang menungganginya memegang sebuah timbangan di tangannya. Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: “Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu.””
Goncangan perekonomian dunia pasti akan terjadi tetapi orang-orang yang dipenuhi Roh Kudus (minyak dan anggur) dalam perlindungan Tuhan. Ini jaminan dari Tuhan.

2. Jaminan Tuhan dalam Lukas 21:28, 31, 34-36“Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat. Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.” (KJV: Berjaga-jagalah sambil berdoa supaya kamu dipandang layak untuk dihindarkan dari semua yang akan terjadi itu)
Jika kita melihat semuanya ini kita harus menyadari bahwa kedatangan Tuhan sudah dekat. Bangkit dan angkatlah mukamu ke atas, artinya kita tertuju pada perkara-perkara rohani, tidak tertuju pada perkara dunia. Kita harus bekerja untuk kebutuhan kita, tetapi kita terlebih harus hidup dekat dengan Tuhan. Tuhan juga memperingatkan kita supaya kita harus berjaga-jaga supaya hati kita jangan terikat dengan dunia, tetapi melekat dengan Tuhan sehingga Tuhan memandang kita layak (menurut penilaian Tuhan) untuk diluputkan dari semua yang akan menimpa dunia.Iblis tahu waktunya sudah sangat singkat. Bagaimana dengan kita? Hiduplah dipenuhi Roh Kudus, bukan hanya berbahasa roh tetapi seluruh hidup dituntun oleh Roh Kudus!

3. Jaminan Tuhan dalam Mazmur 91″Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada TUHAN: “Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai” Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk. Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok. Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang, terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang. Walau seribu orang rebah di sisimu, dan sepuluh ribu di sebelah kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu. Engkau hanya menontonnya dengan matamu sendiri dan melihat pembalasan terhadap orang-orang fasik. Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu, malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu. Mereka akan menatang engkau di atas tangannya, supaya kakimu jangan terantuk kepada batu. Singa dan ular tedung akan kaulangkahi, engkau akan menginjak anak singa dan ular naga. “Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku. Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku.”
Pada ayat 1-13 kita melihat ada berbagai macam ancaman dalam kehidupan kita. Tetapi Tuhan akan melindungi kita.
Syaratnya:
1. Jadikan Tuhan tempat perlindungan kita (ayat 2)
2. Dekat dengan Tuhan dan berlindung di dalam kepak sayap Tuhan (ayat 4)
3. Meminta Tuhan akan pelayanan malaikat (ayat 11) 4.
4. Hati melekat kepada Tuhan (ayat 14).

Pdt. Mediati Martino